Senin, 02 Agustus 2021, WIB


V I S I :
Menjadi Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan unggul dalam pengembangan ilmu rekam medis dan informasi kesehatan yang dapat menghasilkan manajer rekam medis dan informasi kesehatan yang profesional tahun 2024 di tingkat nasional.

M I S I :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangka pendidikan  manajemen informasi kesehatan yang berkualitas menghasilkan lulusan sarjana terapan Manajemen Informasi Kesehatan yang handal, profesional dan berdaya saing dalam Manajemen Informasi Kesehatan.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian ilmiah manajemen informasi kesehatan yang tepat guna dan bermanfaat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi kesehatan.
  4. Menjalin kerja sama dengan organisasi profesi nasional dan institusi kesehatan lain dalam pengembangan SDM, Penelitian, dan pengabdian masyarakat.

TUJUAN :

  1. Menghasilkan Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan yang profesional dan unggul di bidang Manajemen Informasi Kesehatan yang dilandasi nilai-nilai moral dan etika profesi.
  2. Menghasilkan tenaga manajer rekam medis dan informasi kesehatan yang berdaya saing dan mampu merencanakan, mengimplementasikan, mengevaluasi pengelolaan data medik dengan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi kesehatan.
  3. Berkontribusi terhadap pengembangan Manajemen Informasi Kesehatan yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas informasi kesehatan guna perbaikan derajat kesehatan masyarakat melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi
  4. Menghasilkan penelitian yang inovatif dalam bidang manajemen informasi kesehatan dan clinical coder.
  5. Menghasilkan pengabdian masyarakat dalam bidang manajemen informasi kesehatan dan clinical coder.
  6. Terjalinnya kerjasama bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dengan rumah sakit, puskesmas, pemerintah dan dunia industri

Sasaran :
Bidang Pendidikan dan Pengajaran

  1. 100 % kegiatan PBM sesuai dengan standar pembelajaran yang telah ditetapkan oleh pihak STIKES setiap semester
  2. Mahasiswa tidak pernah terlibat dalam kasus-kasus amoral
  3. 90 % lulusan bekerja sesuai dengan bidangnya
  4. 90 % lulusan memiliki rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama kali selama 6 bulan
  5. Tingkat kelulusan tepat waktu sebanyak 90 %, setiap tahun
  6. IPK  lulusan ≥3.00 sebanyak 80 %, setiap tahun
  7. Kualifikasi pendidikan formal dosen minimal Pendidikan S2  6 orang untuk tahun  pertama dan terus ditingkatkan jumlahnya sesuai rasio dosen dengan mahasiswa.
  8. 100% dosen sudah memiliki perangkat pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui pendekatan SCL
  9. Minimal 3 orang dosen mengikuti short course, seminar, workshop dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi professional dosen. 

Bidang penelitian

  1. 70 % dosen Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan melakukan penelitian setiap tahun
  2. Mengikutkan mahasiswa dalam berbagai penelitian yang dilakukan dosen minimal 2 orang per penelitian setiap tahun
  3. 60 % Dosen Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan melakukan publikasi di jurnal nasional setiap tahun
  4. Minimal 40% Dosen Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan menyampaikan karya ilmiahnya di dalam seminar, diskusi dan konferensi baik lokal maupun nasional dalam satu tahun
  5. Minimal 75 % dosen Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan mengikuti seminar, diskusi dan konferensi baik di tingkat lokal maupun nasional dalam satu tahun

Bidang Pengabdian Masyarakat

  1. Kegiatan Pengabdian masyarakat yang didanai dari Yayasan Pengembangan Sumberdaya Manusia minimal 2 per tahun
  2. Mendorong staf dosen untuk melakukan kegiatan PkM yang berdaya saing dan berkelanjutan.